Jumlah pengguna Facebook di Indonesia adalah nomer 2 terbesar setelah Amerika. Tak tanggung-tanggung, jumlahnya lebih dari 38 juta orang. Pengguna Twitter kita juga salah satu yang paling aktif dan jumlahnya tumbuh paling pesat di Asia.
Tentu adanya crowd di social media juga berarti peluang bagi pengusaha. Lebih banyak akun bisnis yang mulai masuk ke kancah social media. Ada beberapa point yang umum dilakukan saat beraktivitas di Social Media sites:
- Listening
Behavior di Social Media sekarang tidak sekedar ‘broadcasting’ atau satu arah tapi juga listening atau mendengarkan customer Anda. Dengarkan bagaimana audience Anda berinteraksi sehingga Anda bisa mengetahui pola-pola komunikasi yang tepat saat berhubungan dengan mereka - Sharing
Banyak hal yang bisa di-share kepada audience/customer Anda di social media. Ini termasuk berita terbaru tentang produk, promosi, artikel menarik menyangkut produk yang mungkin diminati oleh audience, kompetisi, dan lainnya. - Conversing
Engage dan eratkan bonding antara bisnis Anda dan audience dengan cara konsisten melakukan percakapan. Lempar topik-topik hangat untuk didiskusikan bersama, tentu dalam konteks yang masih sejalan dengan bisnis Anda. - Responding
Lakukan komunikasi 2 arah dengan menjawab feedback dari customer. Customer akan sangat menghargai jika masukannya mendapatkan respon sekecil apapun dari Anda.
Di twitter, @kutukutubuku rutin mengadakan #bookbid lelang buku sebagai sarana ‘bermain’ dengan customer-nya untuk mendapatkan special price untuk buku-buku tertentu. @nulisbuku juga secara berkala mengadakan kompetisi dan pembuatan proyek buku yang mengkolaborasikan follower-nya agar bisa produktif berkarya.
Your business should have a personal soul/voice in it so your customers can enjoy and become more familiar with your products/services. Have fun!
Related Links :
Sumber: AcerID
No comments:
Post a Comment